Speaking Dulu atau Grammar Dulu?

Menurut kamu mana yang lebih baik untuk dipelajari dulu, speaking atau grammar? Kalau jawaban kamu adalah grammar karena kurikulum-kurikulum di sekolah umumnya mengajarkan grammar lebih dulu, it’s okay. Well, tapi ada baiknya meninjau gagasan sebaliknya, yaitu speaking lebih utama daripada grammar untuk dipelajari lebih dulu. Mengapa begitu?




Pertama, kamu mungkin sudah dikenalkan dengan bahasa Inggris secara formal sejak duduk di bangku SD, bahkan sebelum itu. Mapel Bahasa Inggris umumnya terus ada di setiap jenjang sampai tahun pertama kuliah, tapi hasilnya apa? Bisakah kamu berbicara menggunakan bahasa Inggris hanya berbekal pelajaran dari sekolah saja? Hm, tanpa menambah les atau kursus di lembaga khusus, kedengarannya susah. Kenapa? Sebab pelajaran bahasa Inggris di sekolah lebih dipusatkan pada tata bahasanya daripada praktik langsung.


Kamu lebih banyak belajar tentang rumus-rumus yang digunakan untuk membuat struktur kalimat yang benar daripada praktek berbicara langsung. Akibatnya, kalau kamu tekun pun, kamu hanya bisa menilai benar salahnya struktur sebuah kalimat tapi tidak mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Sementara di Inggris atau Amerika, katakanlah anak kecil berusial lima tahun sudah bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Itu karena secara tidak sadar, anak-anak itu diajari untuk praktik berbahasa Inggris secara langsung oleh orang tua mereka.


Selain itu, disadari atau tidak sebenarnya pelajaran grammar menanamkan ketakutan sampai derajat tertentu pada diri siswa. Takut salah adalah efek samping diajarkannya grammar lebih dahulu daripada speaking. Tentu kadar takut salah ini bervariasi, namun tetap saja dampaknya tidak baik. Coba deh, pikir-pikir. Mungkin kamu salah satu orang yang mengalami ketakutan semacam itu.
Kedua, bahasa adalah alat komunikasi. Berbahasa berarti juga berbicara. Tujuan utama diadakannya sebuah bahasa, ya untuk berkomunikasi. Kalau kamu tahu grammar, tapi tidak bisa berkomunikasi (yang berarti juga berbicara) menggunakan bahasa Inggris, percuma dong. Sebaliknya, kamu akan lebih banyak memeroleh manfaat dengan kemampuan speaking yang bagus meskipun lemah di grammar. Sebagaimana tidak semua orang Indonesia menguasai EYD, mestinya tidak semua orang Inggris menguasai grammar dengan baik. Tapi tentu mereka dapat berbicara dalam bahasa Inggris.
Ketika anak-anak di Inggris diajari berbicara oleh orang tua mereka, bukan berarti anak-anak itu langsung bisa berbicara dengan baik. Pasti banyak kesalahan di sana sini, baik dari sisi cara pengucapan hingga yang menjadi pokok bahasan kita, grammar. Tentunya tidak ada anak-anak yang langsung menguasai grammar. Tapi satu hal yang pasti, mereka berlatih untuk berbicara lebih dulu tanpa memerhatikan benar-salahnya ucapan menurut tata bahasa yang berlaku.

English Cafe Lampung
Kursus bahasa Inggris terbaik di Lampung.


Baca Artikel Penting lainnya disini klik: Grammar- Speaking- Beasiswa -Lancar berbahasa Inggris.
 
 

Hello Lampung!

Hello Lampung!

Kenapa English Cafe?

Kenapa English Cafe?

Kontak English Cafe:

Kontak English Cafe: